TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI    *LEARNING By RESEARCH* =====>  VISI PROGRAM STUDI:  "Menjadikan Program Studi Pendidikan Geografi yang Berkualitas, Teladan, dan Memiliki Daya Saing Pada Tingkat Regional dan Nasional Pada Tahun 2020"    

Pesan Geofisika Kelas III, Untuk Calon Mahasiswa PKKMB STKIP Kie Raha 2021

Dalam rangka melaksanakan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha mengundang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas III Ternate untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mitigasi bencana. 

PKKMB yang telah berlangsung selama tiga, untuk menjadi pembicara yang di hadiri oleh Kepala Kelompok Jabatan Fungsional BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate Hermizal dan langsung disambut Ketua Panita PKKMB STKIP Kie Raha, Alwi La Masinu yang juga Ketua Prodi Geografi. Kegiatan bertema “Manejmen Resiko, Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana yang dilaksanakan STKIP tepatnya pada aula gedung D lantai III, Ternate Selatan, Maluku Utara, Rabu (25/8/21) ini diikuti oleh mahasiswa sebanyak 251 orang dari total mahasiswa yang mendaftar 451 di 10 program studi.

Kepala Kelompok Jabatan Fungsional BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate Hermizal dalam pemaparannya di hadapan seluruh calon mahasiswa baru, ia menyebutkan bahwa ada beberapa dampak gempa yang dihasilkan misalnya likuifasi, longsor dan kebakaran.nSelain berbicara tentang gempa bumi, ia juga memberikan tips waspada gempa bumi misalnya dengan menyiapkan tas siaga bencana dan darurat yang mudah dijangkau. Jika seseorang berada di dalam bangunan atau gedung ia harus mengenal jalur evakuasi dan pintu darurat untuk mengantisipasi jangan sampai tiba-tiba terjadi gempa bumi.

Dikesempatan itu, ia mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk harus memahami langkah-langkah tanggap tsunami seperti tanggap gempa, tanggap peringatan dan tanggap evakuasi. Selain memberikan penjabaran tentang gempa bumi, ia juga menjelaskan tentang bagaimana proses terjadinya bencana tsunami serta dampaknya seperti apa.

Diakhir penyampaian materi, Hermizal juga mengucapkan rasa terima kasih kepada panitia karena telah di berikan kepercayaan dari Stasiun Geofisika Kelas III, untuk menjadi pembicara dan hal seperti ini juga bagian dari pada sosialisasi kebencanaan sebentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. Sementara, ketua panitia kegiatan Alwi La Masinu dikesempatan itu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Ternate karena memberikan kepercayaan satu orang delegasinya sebagai pembicara pada kegiatan tersebut. Kehadiran pak Hermizal merupakan wujud nyata dari kerja sama yang telah dilakukan antara Geofisika Kelas III Ternate dan STKIP Kie Raha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *