Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) STKIP Kie Raha

Himapro Program Studi Pendidikan Geografi memulai perjalanannya pada awal tahun 2009 silam perjalanan Himapro Prodi Pendidikan Geografi selama 9 tahun sebagai wadah penting bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan minat. Selain itu keberadaan Himapro Prodi Pendidikan Geografi sebagai pembelajaran mahasiswa dalam berorganisasi. Penamaan Himapro Prodi Geografi atau dikenal dengan Himapro VOLCANO memilki makna sesuatu yang tinggi dan sumber kemakmuran. Kota Ternate memiliki Gunung Gamalama yang diyakini sebagai simbol kemakmuran masyarakat Kota Ternate. Harapan dari Himapro VOLCANO selalu menjadi yang tertinggi dalam prestasi dan menjadi sumber inspiratif bagi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi.

SEJARAH SINGKAT

HIMAPRO-GEO PERIODE 2019-2021

Pada hari Selasa. 08-10-2020 pada jam. 09.00 Wit s/d bertempat di Gedung C Lantai 3 STKIP Kie Raha Ternate dilaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) Oleh Himpunanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi, dengan tema “Menciptakan  Pemimpin  Yang  Berjiwa  Kepemimpinan  Untuk  Himapro-Geo Yang  Lebih  Baik” dengan tujuan memilih Ketua Umum baru dan pengurus dalam satu tahun kepengurusan dan melakanakan amanat organisasi (Himapro-Geo) AD/ART HIMAPRO-GEO.

Kegiatan Musyawarah Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) STKIP Kie Raha Ternate merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap satu tahun sekali dan kini telah memasuki pada  musyawarah  yang  ke  XI  (sebelas)  Organisasi Himpunan Pelajar Mahasiswa  Program Studi Pendidikan  Geografi. Organisasi sebagai sebuah alat  instrumen untuk menambah khasana pengetahuan dan pengalaman bagi generasi muda dalam  proses untuk  mencetak  sumberdaya kemanusiaan dan perubahan bagi kampus baik di bidang pendidikan, agama, sosial, budaya, dan politik, akan tetapi perlu konsep yang jelas sebagai instrumen kepada pihak yang berwajib untuk menjalankanya .secarah realitas telah terbukti bahwa perjalanan Himpunan Mahasiswa  Program Studi Pendidikan Geografi  semenjak  musyawarah  pertama hingga ke XI (sebelas) ini Himpunan Mahasiswa  Program Studi Pendidikan Geografi belum memberikan kontribusi yang begitu besar baik di bidang pendidikan agama, sosial budaya, dan hari-hari besar bumi.

Karena jika kita  melihat secarah empiris ternyata kita tidak bisah nafikkan bahwa Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi belum  memiliki  peran yang kuat untuk mencetak sumber  daya  manusia yang terhandal atau memadai karena format pengkaederan yang belum jelas sehingga di butuhkan format yang  bakuh,  polah pemahaman  mahasiswa yang  lebih  memadai sehingga generasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dapat memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing  sebagai langkah  produk  kader Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang berkualitas. diakibatkan tiap-tiap kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi tidak  menjalakan tugas dan tanggung  jawab masing-masing  dengan baik sehinggga kita menglami kemiskinan intelektual. Olehnya ituh diharapkan  pada Musyawarah Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi ke XI (sebelas) dapat menjadi batu loncatan efaluasi secarah konstitusional dalam menata kembali kepengurusan yang  kali ini memiliki nilai-nilai. Amanah dan tanggung jawab terhadap organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi ini.

Berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Geografi No.306/X/KPG/2019 Tentang Pengurus Himapro-Geo Periode 2019-2020. Bahwa untuk kelancaran pelaksanaan Himpunan Mahasiswa Program tudi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) Periode 2019-2020 perlu ditetapkan komposisi kepengurusan. Mereka yang namanya tercantum dalam lampiran surat keputusan, dipandang mampu dan memiliki potensi untuk diangkat dalam susunan pengurus Himapro-Geo.

Organisasi Kemahasiswaan Intra Perguruan Tinggi adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Mengingat komposisi pengurus Himapro-Geo yang namanya tercantum dalam surat keputusan. Menugaskan kepada susunan pengurus, yang tercantum dalam lampiran, untuk menjalankan kegiatannya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Organisasi Kemahasiswaan dan mengikuti ketentuan yang telah di atur oleh Kampus STKIP Kie Raha Ternate

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dalam melaksanakan kegiatan kemahasiswaan perlu melakukan kordinasi dengan Ketua Program Studi Pendidikan Geografi dan Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan. Surat Keputusan yang di Keluarkan Oleh Program Studi Pendidikan Geografi diberlakukan terhitung mulai tanggal 16 Oktober 2019 s/d 16 Oktober 2020.

Lampiran Komposisi Pengurus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) STKIP Kie Raha Ternate No.306/X/KPG/2019

Ketua Umum

Iskandar Malik

Ketua Bidang Pengembangan Aparatur Organisaai

Sofyan Umar

Ketua Bidang Peneliti Dan Lingkungan Hidup

La Dedi N Jamsa

Ketua Bidang Kaderisasi

Fadlan Hamis

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS)

Rustam Rahman

Ketua Bidang Perguruan Tinggi Dan Kepemudaan

Yadin Adeno

Ketua Bidang Pemerdayaan Perempuan

Rahmawati Udin

Ketua Bidang Keagamaan

Munasir Yudin

Sekretaris Umum

Reinaldo Kotta

Sekretaris Bid.Pengembangan Aparatur Organisasi

Fahrul Jihat Jahir

Sekretaris Bid.Peneliti Dan Lingkungan Hidup               

Sardi Salim

Sekretaris Bid.Kaderisasi                                                      

Rifaldi Malik

Sekretaris Bid.Hubungan Masyarakat (HUMAS)            

Frion Side

Sekretaris Bid.Perguruan Tinggi Dan Kepemudaan      

Desi Mansur

Sekretaris Bid.Pemerdayaan Perempuan                         

Sunarti Moloku

Sekretaris Bid. Keagamaan                                                

Siti Masita

Bendahara Umum                                                               

Wati Hi. Ahmad

Departemen –Departemen                                                 

Departemen Bid.Pengembangan Aparatur Organisasi

Jubaeda Umar

Reslin Porotjo

Malida I.Ahmad

Trisandi Sailao

Departemen Peneliti Dan Lingkungan Hidup            

Yuningsi Dayan

Amalia Risno

Abdul Rajab Ali

Siska Kasman            

Departemen Bidang Kaderisasi                   

Guntur Yasir

Ayusulastri Duwila

Ahmad Yalo

Rahmatia Husdi

Departemen Hubungan Masyarakat   (HUMAS)

Indri Yaman

Irawan Husaleka

Farida Maswara

Salim Jurebe

Departemen Perguruan Tinggi dan Kepemudaan

Marwa Saleh

Isrun Safi

Alfons Ido

Nurbaya Hi.Ishak

Departemen Bid.Pemberdayaan Perempuan

Nani Muhammad

Nurwia Hardi

Nurjania Madahan

Novieyanti jafar

Departemen Bid. Keagamaan                                    

Uci La Hamadi

Nining Sermaf

Kiki Hardayanti Usman

Marhaen Hi. M. Nur

Selesai dari pada pasca pelantikan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang di ketuai oleh Iskandar Malik, dalam perjalanan kepengurusannya telah melakukan beberapa kegitan yang telah terealisasi, diantaranya:

Kegiatan 1

Dialog “Selamatkan Maluku Utara Dari Ancaman Krisis Ekologi” pada tanggal 28 Oktober 2019  yang difasilitasi oleh beberapa Narasumber, diantaranya:

  1. Alwi La Masinu M.T : Dampak Tailing Terhadap Ekosistem Pesisir dan Kelautan
  1. Irwan Abdullah M.Pd : Pengelolaan SDA dan Pembangunan Berkelanjutan
  2. Naswan Hadilia M.AK : CSR dan Pembangunan Daerah

Kegiatan 2

Kuliah Tamu “Pendekatan Stem” pada tanggal 12 Desember 2019 yang di fasilitasi oleh Pembicara: Jafran S Naya, S.Pd : Pembelajaran Berbasis STEM

Kegiatan 3

Hari Ibu “Stop Intimidasi Perempuan” pada tanggal 22 Desember 2019 yang di fasilitasi oleh: Astuti N Kilwouw, SH.MH : Stop Intimidasi dan Pelecehan Verbal

Kegiatan 4

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Pengenalan Alam Jurusan (PAJ) “Membentuk Kader Yang Kritis, Inovatif, dan Berjiwa Kepemimpinan” pada tanggal 18 September 2020 yang di fasilitasi oleh: Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo)

Kegiatan 5

Tugas dan Tanggung Jawab Perusahaan di Masyarakat Lingkar Tambang. Narasumber Cand Dr. Nadhirah Nagu, S.E.,M.Si.,Ak., CA., CSRS.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) 22 Oktober 2020

Kegiatan 6

Gebyar Geografi Bidang cerdas cermat pada tingkat mahasiswa geografi. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) 26 Oktober 2020

Adapun beberapa kegiatan yang telah di rencanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) STKIP Kie Raha Ternate. Namun belum terealisasi di antaranya:

  1. Gerakan Satu Juta Pohon Internasional pada tanggal 10 Januari 2019
  2. Hari Bumi pada tanggal 22 April 2020