Seminar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi

Kuliah kerja lapangan (KKL) sebagai suatu bentuk kegiatan untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa secara langsung di lapangan, yang mukin tidak pernah didapatkan dikampus. Kuliah Kerja Lapangan yang di lakukan Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate terhadap mahasiswa semester lima (5) ditempatkan pada tiga instansi diantaranya Stasiun Meteorologi Kelas I Babulah Ternate, Statius Geofisika Kelas III Ternate dan Vulkanologi atau Energi Sumber Daya Mineral Ternate, yang berlangsung selama 6 minggu (12-09-2017).

Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di bagi menjadi tiga kelompok dengan tajuk atau topik yang berbeda-beda. dan didampingi oleh masing-masing dosen pembimbing. Kelompok kuliah kerja lapangan di BMKG dibimbing oleh Kepala Data dan Informasi Muhamad Riva N.ST dan dua kelompok lainnya dibimbing Dosen Program Studi Pendidikan Geografi yaitu Irwan Abdullah M.Pd dan Muhamad Ichsan A. Gani M.Sc & Dahri Hi Halek M.Pd. Setelah dari lapangan mahasiswa memperoleh data-data kemudian untuk diolah menjadi sebuah laporan ilmiah untuk diseminarkan dihadapan para Dosen Pembimbing, Dosen Penguji, peserta Kuliah Kerja Lapangan dan Mahasiswa semester 2, 4, 6 dan 8.

Kegiatan seminar Kuliah Kerja Lapangan telah dilaksanakan hari ini sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh Program Studi. Kegiatan dilaksanakan di gedung C lantai 3 Program Studi Pendidikan Geografi. Setiap kelompok mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan laporan hasil kerja kelompok yang berdasarkan data yang diperoleh selama di lokasi Kuliah Kerja Lapangan serta di berikan kesempatan kepada peserta mahasiswa atau seminar untuk melakukan diskusi. Setelah selesai diskusi seminar, dari pihak Prodi memberikan uang secara tunai ketiga kelompok tersebut (31-1-2018).

Alwi La Masinu, M.T sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Geografi mengucapkan terimakasi kepada Kepala Pimpinan Stasiun Meteorologi Kelas I Babullah Ternate (Pak Sulimin), Kepala Pimpinan Stasiun Kelas III ( Agustoro Hariyatmoko) dan Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama Ternate (Darno La Mane). Dengan Harapan agar tahun berikutnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dapat diterimah kembali di tiga instansi tersebut.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *