Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate Praktik Mata Kuliah Geomorfologi dan Hidrologi di Pulau Hiri

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate Minggu, (13/05/2018) melakukan praktikum Geomorfologi Indonesia dan Hidrologi di pulau Hiri Kecamatan Ternate Barat. Kegiatan praktikum mahasiswa ini dibimbing langsung oleh dosen pengampuh mata kuliah Hidrologi dan Geomorfologi Indonesia M. Ichsan A. Gani, M.Sc dan Kartini Ali, M.Sc.

Kegiatan praktikum adalah suatu cara mengajar yang memberi kesempatana kepada mahasiswa untuk menemukan suatu fakta yang diperlukan atau ingin diketahuinya”. Kegiatan praktikum pada dasarnyauntuk mendapatkan atau menemukan suatu konsep, mencapai suatu definisi sampai mendapatkan dalil-dalil atau hukum hukum melalui percobaan yang dilakukannya. Artinya, mahasiswa membuktikan atau menguji kebenaran secara nyata tentang suatu konsep yang telah dipelajari.

Menurut Kartini saat dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan praktik geomorfologi dan hidrologi ini adalah proses pembelajaran dimana mahasiswa melakukan dan mengalami sendiri, mengikuti proses, mengamati objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan suatu objek, gejala alam dan interaksinya. Sehingga dapat menjawab pertanyaan “bagaimana prosesnya? Terdiri dari unsur apa? Cara mana yang lebih baik? Bagaimana dapat diketahui kebenarannya? yang semuanya didapatkan melalui pengamatan induktif”. Dalam kegiatan praktikum geomorfologi kali ini, mahasiswa mengidentifikasi jenis-jenis lahan meliputi lahan marine, lahan aluvial, lahan fluvial dan lahan kars yang ada di pulau hiri. “Pungkasnya”.

Selain itu menurut M. Iksan A. Gani, M.Sc saat dikonfirmasi via messenger mengatakan Kegiatan praktikum ini tujuannya untuk melatih keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa dan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan yang dimilikinya secara nyata dalam praktik. Kemudian, membuktikan sesuatu secara ilmiah atau melakukan scientific inquiry menghargai ilmu dan keterampilan di miliki. Intinya, kegiatan praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi mengandung makna belajar untuk berbuat. Dalam kegiatan praktikum hidrologi, mahasiswa mengidentifikasi resapan air tanah. “Paparnya”.

Publikasi dokumentasi kegiatan mahasiswa semester II dan IV Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate di Pulau Hiri.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *